Daftar Isi

Minggu, 18 Desember 2011

Pria Berbulu Cenderung Jarang Digigit Parasit

Meleset.com - ​Tubuh pria memang lebih banyak bulu dibanding wanita. Ternyata, rambut-rambut halus yang banyak tumbuh disebagian tubuh ini memiliki kegunaannya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Sheffield, menunjukkan bagaimana rambut-rambut halus tersebut membantu melawan dan mendeteksi parasit, seperti kutu busuk, yang ingin menghisap darah di tubuh.

"Saya melakukan sebuah penelitian yang ingin memahami biologi serangga penghisap darah. Tujuannya adalah untuk menemukan cara mengendalikan serangga secara efektif, sehingga dapat mencegah penularan penyakit lewat serangga," ungkap Michael Siva-Jothy, peneliti sekaligus ahli ekologi dari University of Sheffield, Inggris.

Peneliti melakukan penelitian terhadap 29 relawan mahasiswa universitas melalui Facebook. Peneliti lantas meminta relawan untuk mencukur bulu-bulu di salah satu lengan mereka.

Hasil penelitian yang dipublikasi dalam Royal Society journal Biology Letters menunjukkan lengan relawan yang memiliki bulu-bulu lebat, lebih cepat bereaksi dan mengenali kutu dibandingkan lengan relawan dengan sedikit bulu.

Peneliti menyakini bahwa rambut-rambut halus tersebut berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi gerakan parasit. Selain itu, parasit juga mengalami kesulitan untuk menemukan tempat untuk makan, yang disebabkan terhalangnya gerakan akibat rambut-rambut halus tersebut.

"Rambut memiliki saraf yang melekat di tubuh dan membantu pria untuk mendeteksi pergerakan parasit," tambahnya.

Hasil penelitian ini juga menegaskan bahwa kaum adam lebih baik dalam mendeteksi parasit, disebabkan pria lebih berbulu dibandingkan wanita karena adanya tingkat testosteron yang lebih tinggi. Namun tak berarti, wanita lebih mungkin untuk digigit serangga penghisap darah pada daerah yang relatif tak berbulu, seperti pergelangan kaki.

Meleset.com | sumber: ghiboo.com

Klik tombol berikut untuk membagikan artikel ini!
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Silakan berikan komentar untuk artikel ini!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms
Dapatkan Informasi Meleset Terbaru dengan Klik "SUKA" Pada Facebook Meleset.com
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif

Mau punya alamat email paling MELESET di dunia?
Hanya di sini dan GRATIS! (AKUN TERBATAS)

Dapatkan gratis akun @meleset.com

X