Daftar Isi

Rabu, 21 Desember 2011

Mantan Kapolda Idap Sindrom Koboi Tua

Meleset.com - Mantan Kapolda Metro Jaya Irjen (Purn) MSY yang dilaporkan karena mengumbar tembakan dan mengancam satpam perumahan Pondok Mediterania, Jakarta Utara, dinilai memiliki kelainan psikologis.

Ilustrasi
Menurut ahli psikologi forensik Reza Indragiri Amriel, MSY dinilai mengidap sindrom koboi tua, yang disebutnya sebagai John Wayne Syndrome.

"Semasa masih menjadi personil polisi aktif, dia sudah mengembangkan sekumpulan watak yang disebut John Wayne Syndrome. (Seolah) selalu siap, siaga, tak menyerah, mirip koboi John Wayne," ujar Reza saat dihubungi, Selasa (20/12/2011).

Dengan sindrom yang sudah tertanam sejak lama tersebut, kata Reza, wajar jika setelah pensiun MYS masih memperlihatkan karakter ala John Wayne. Menurutnya, sayangnya sikap tersebut seringkali malah merugikan masyarakat. "Alih-alih termanifestasikan ke dalam community policing, yang terlihat justru adalah predatory policing," tegasnya.

Seperti diberitakan, mantan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol (Purn) MSY dilaporkan ke polisi oleh sekuriti perumahan Taman Resort Mediterania, Jakarta Utara, Sugeng Joko Sabiran.

Menurut pria yang akrab disapa Rony ini, laporan ke Polda Metro Jaya sudah masuk sejak Senin (8/12) lalu. Dalam laporan resmi bernomor TBL/2753/VIII/2011/PMJ/Dit.Reskrim.Um tanggal 8 Agustus 2011, MSY dilaporkan atas tuduhan Pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan dan UU Darurat No 12 Tahun 1951.

Warga melaporkan MSY karena insiden akibat teman-temannya yang dilarang bermain tenis meja di gedung olah raga perumahan Puri Mediterania, yang terjadi Rabu (3/8/2011).

MSY sempat mengeluarkan pistol dan mengancam dua orang petugas keamanan perumahan. Setelah itu, lanjutnya, MSY lalu menuju gedung olahraga perumahan setempat. Sebelum masuk ke gedung tersebut, MSY pergi ke lapangan yang terletak di samping gedung tersebut.

Dengan masih terlihat emosi ia membuang tembakan sebanyak empat kali. Sejumlah warga sempat melihat aksi MSY ini.

Meleset.com | sumber: inilah.com

Klik tombol berikut untuk membagikan artikel ini!
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Silakan berikan komentar untuk artikel ini!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms
Dapatkan Informasi Meleset Terbaru dengan Klik "SUKA" Pada Facebook Meleset.com
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif

Mau punya alamat email paling MELESET di dunia?
Hanya di sini dan GRATIS! (AKUN TERBATAS)

Dapatkan gratis akun @meleset.com

X