Daftar Isi

Jumat, 23 Desember 2011

Ternyata Wajah Model Iklan Kosmetik Sering Dimanipulasi

Meleset.com - Sejumlah produsen kecantikan memanfaatkan wajah model ayu untuk iklan. Demi merangsang minat konsumen, tak jarang mereka nekat melakukan manipulasi wajah sang model yang seolah cantik sempurna berkat produk yang dipasarkan.


Seperti iklan NatureLuxe Mousse Mascara, yang mengklaim dapat melentikkan dan menambah volume bulu mata hingga dua kali kondisi normal. Iklan itu menampilkan model berparas ayu dengan penampilan bulu mata sesuai klaim.

Mereka yang melihat iklan tersebut mungkin akan mengira penampilan mata sang model berkat NatureLuxe Mousse Mascara. Nyatanya, di sisi bawah iklan tersebut tertera pernyataan dalam boks kecil bahwa bulu mata sang model yang tercipta dalam gambar hasil permainan digital Photoshop.

Terang-terangan melakukan manipulasi, Proctor & Gamble, selaku produsen produk itu, telah mendapat teguran agar tak memublikasikan iklan yang beredar di Inggris itu.

Divisi Periklanan Nasional Inggris telah mengambil langkah tegas untuk membatasi manipulasi citra menyesatkan dalam iklan produk kosmetika. Tak hanya iklan NatureLuxe Mousse Mascara, tapi juga iklan yang melakukan manipulasi penghalusan kulit, aplikasi produk kecantikan, hingga pelangsingan tubuh yang tak nyata.

"Anda tidak dapat menggunakan gambar untuk mendemonstrasikan bagaimana sebuah produk kecantikan bisa mempercantik konsumen, lalu kemudian mengatakan bahwa, ini sebenarnya tak nyata," kata Kepala Divisi Periklanan Inggris, Andrea Levine, seperti dikutip Daily Mail.

Juli lalu, otoritas Pengawas Iklan di Inggris juga melarang peredaran iklan krim antipenuaan Lancome yang dibintangi Julia Roberts dan iklan krim penutup noda Maybelline dengan model Christy Turlington. 

Produsen yang bernaung di bawah nama besar L'Oreal itu menampilan wajah 'palsu' Julia Roberts dalam iklan dua halaman di sejumlah majalah. Tim iklan nekat melakukan koreksi digital sedemikian rupa untuk menghilangkan keriput, yang sebenarnya tampak nyata di wajah sang bintang.

Sementara tim iklan Maybelline sengaja melakukan manipulasi dengan menyekat-nyekat bagian wajah sang bintang dengan maksud menunjukkan perbandingan antara bagian yang memakai dan tidak memakai produk itu. Bagian yang memakai produk dibuat mulus, sedangkan yang tidak memakai terlihat keriput.

Iklan Lancome Julia Roberts Iklan Maybelline Christy Turlington
  Larangan diterbitkan setelah muncul protes dari masyarakat yang menganggap itu sebagai kebohongan publik. Efek buruknya, kecantikan palsu itu akan mengobsesi para wanita dan remaja untuk mengejar hal yang tak realistis.

Manajemen L'Oreal mengaku melakukan teknik-teknik tertentu untuk menyempurnakan wajah selebritas yang menjadi bintang iklan produknya. Namun, mereka bersikeras bahwa teknik yang dilakukan tak keluar dari pakem-pakem kecantikan natural para bintang, sekaligus refleksi akurat dari manfaat produk.

Menteri Kesetaraan Inggris, Lynne Featherstone, meminta produsen untuk jujur dalam mengiklankan produknya. Ia mengkritik iklan sejumlah produk kecantikan yang cenderung tak mencerminkan realitas, seperti gambar kulit mulus dan tubuh super-ramping.

"Membiarkan kondisi ini bisa memicu depresi karena gambar-gambar ideal itu telah mendistorsi gagasan mengenai keindahan," kata Featherstone.

Meleset.com | sumber: vivanews.com

Klik tombol berikut untuk membagikan artikel ini!
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Silakan berikan komentar untuk artikel ini!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms
Dapatkan Informasi Meleset Terbaru dengan Klik "SUKA" Pada Facebook Meleset.com
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif

Mau punya alamat email paling MELESET di dunia?
Hanya di sini dan GRATIS! (AKUN TERBATAS)

Dapatkan gratis akun @meleset.com

X