Daftar Isi

Kamis, 08 Desember 2011

Akan Ada Gerhana Bulan Total Malam Minggu Ini

Meleset.com - Malam minggu mendatang dipastikan langit tak dihiasi sinar bulan. Sebab 10 Desember malam gerhana bulan total bakal terjadi. Jangan lewatkan gerhana bulan terakhir di tahun 2011 ini.

"Gerhana bulan terjadi pada 10 Desember sekitar pukul 18.00 hingga 24.00 WIB," ujar peneliti bidang matahari dan antariksa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), Emanuele Sungging Mumpuni, Rabu (7/12/2011).

Sungging memastikan, gerhana bulan akhir pekan ini merupakan gerhana bulan terakhir di tahun 2011 ini. "Ini memang fenomena yang biasa terjadi. Tapi bagi yang menyukai fenomena langit tentu menarik melihat bulan berwarna merah lalu langit tiba-tiba gelap," sambungnya.

Dari Wikipedia, gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Fenomena ini terjadi bila Bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Karena posisi itu, sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh Bumi.

Saat gerhana bulan terjadi, seringkali bulan masih dapat terlihat lantaran masih ada sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer Bumi. Kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah, sehingga saat gerhana terjadi, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga, atau cokelat.

Meleset.com | sumber: b3ritaku.blogspot.com

Klik tombol berikut untuk membagikan artikel ini!
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Silakan berikan komentar untuk artikel ini!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms
Dapatkan Informasi Meleset Terbaru dengan Klik "SUKA" Pada Facebook Meleset.com
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif

Mau punya alamat email paling MELESET di dunia?
Hanya di sini dan GRATIS! (AKUN TERBATAS)

Dapatkan gratis akun @meleset.com

X