Daftar Isi

Kamis, 08 Desember 2011

8 Solusi Bila Keringat Berlebih

Meleset.com - Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi keringat berlebih yang kerap datang di saat aktivitas sedang padat-padatnya. Tentu saja ini cukup mengganggu karena orang lain juga memperhatikan penampilan Anda. Yuk intip solusinya:


Batasi konsumsi makanan pedas dan kafein
Minuman berkafein tinggi seperti kopi dan soft drink serta makanan pedas menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak. Untuk itu, menurut journal kesehatan, seperti dikutip dari WebMD, lebih baik mengurangi makanan-makanan jenis ini.

Pilih sabun mandi
Jangan salah memilih sabun mandi, bila memang keringat Anda berlebihan, lebih baik memilih sabun antibakterial. Ketika bakteri bercampur dengan keringat, mengakibatkan badan mengeluarkan bau kurang sedap. Untuk itu, saat berkeringat disarankan untuk segera mengelap dengan tisu.
Mandi dengan sabun antibakterial di samping membantu mengontrol keringat, juga mencegah bau badan yang kerap muncul saat keringat berlebih.

Keringat di malam hari
Menopause atau udara yang panas menyebabkan keringat semakin banyak keluar di malam hari, dalam kondisi ini tentu tidur menjadi kurang nyaman. Yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi kedelai, gingseng, atau sayur-sayuran hijau.
Bila keringat dingin di malam hari keluar terlalu berlebihan, segera kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab lain.

Memilih bahan pakaian
Terkadang salah pilih bahan pakaian juga dapat menyebabkan seseorang berkeringat berlebihan. Hindari memilih bahan nilon, yang justru dapat menyebabkan tubuh terasa panas dan akhirnya mengeluarkan keringat berlebihan.
Pilih bahan dari sutra, atau katun yang dapat menyerap keringat dengan baik. Serta hindari baju yang terlalu ketat dan tertutup agar kulit tetap dapat bernafas lega.

Mengurangi stress
Sangatlah penting mengurangi stress karena stress adalah salah satu pemicu tubuh mengeluarkan keringat berlebihan. Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan latihan pernafasan dapat membantu mengontrol keringat berlebih seperti ini.

Pilih deodorant yang tepat
Jangan sepelekan deodorant, karena bagaimanapun perannya sangat penting bagi kita. Deodorant selain mencegah bau badan, juga membantu mengontrol keringat berlebih. Bahan aktif deodorant bekerja seperti handuk, yang dapat mengontrol keluarnya keringat.

Pilih ruang teduh dan dingin
Hindari ruangan yang panas, pengap dan terlampau banyak paparan sinar matahari. Pastikan juga ruangan di rumah Anda memiliki pergantian udara yang cukup, sehingga ruangan terasa sejuk. Minum air yang cukup juga dapat membantu tubuh tetap pada suhu normal.

Hidup sehat
Merokok, menghindari olahraga dan akrab dengan alkohol akan semakin mendekatkan Anda pada keringat berlebih. Dengan gaya hidup sehat Anda tak akan perlu khawatir dengan keringat berlebih. Perlahan kurangi rokok dan mulailah rajin berolahraga.

Meleset.com | sumber: kapanlagi.com

Klik tombol berikut untuk membagikan artikel ini!
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Silakan berikan komentar untuk artikel ini!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms
Dapatkan Informasi Meleset Terbaru dengan Klik "SUKA" Pada Facebook Meleset.com
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif

Mau punya alamat email paling MELESET di dunia?
Hanya di sini dan GRATIS! (AKUN TERBATAS)

Dapatkan gratis akun @meleset.com

X