Daftar Isi

Sabtu, 10 Desember 2011

40 Pengacara Gugat SMS Komodo

Meleset.com - Sekitar 40 pengacara yang tergabung dalam KSHI (Komite Supremasi Hukum Indonesi) mengajukan gugatan terhadap SMS yang dilakukan LSM P2K (Pendukung Pemenangan Komodo).

Pengacara dari KSHI, Achmad Salim, mengatakan pihaknya meminta audit transparan terhadap penghimpunan dana masyarakat melalui SMS yang dilakukan LSM P2K. Selain itu, KSHI juga akan segera menyempurnakan berkas gugatan "class action" di Pengadilan Negeri (PN)Jakarta Pusat.

Gugatan secara kelembagaan antara lain dilayangkan kepada LSM P2K, sedangkan gugatan secara individu antara lain dilayangkan kepada pimpinan P2K Emmy Hafild dan Duta Komodo versi P2K Jusuf Kalla, serta Presiden "New7Wonders" Bernard Weber.

“Kami minta penyelenggara SMS Komodo menyumbangkan seluruh pendapatannya untuk kepentingan konservasi hewan Komodo” tegas Salim dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/12/2011).

Sebelumnya, JK sudah mengetahui soal gugatan 40 pengacara itu. Usai menghadiri seminar di Universitas Paramadina Jakarta, kemarin, JK mengatakan dukungan masyarakat pada Komododalam kontes tujuh keajaiban dunia yang digelar yayasan new7wonders sangat luar biasa.

Oleh karena itu, JK menganggap gugatan yang dilayangkan 40 Pengacara yang meminta seluruh keuntungan sms Komodo harus diperuntukkan bagi pelestarian Komodo, dianggapnya hanya lelucon. Mantan wapres itu menambahkan, tidak ada keuntungan dari sms Komodo. “Wong itu bertarif Rp 1,-mana ada untung” tegasnya. "Dalam waktu 25 hari, ratusan juta SMS," ujar ujar mantan wapres ini.

Saking banyaknya, tambah Kalla, dukungan itu seharusnya bisa dimasukkan dalam rekor museum rekor. "Saya bisa jadi rekor Muri dalam lima menit menjadi duta besar Komodo (versi LSM P2K) dengan mengumpulkan ratusan jutadukungan masyarakat untuk Komodo," selorohnya sambil tertawa.

Sementara untuk upaya pelestarian, JK mengatakan, sudah ada dana yang dikumpulkan dari sejumlah pengusaha. "Kita bersama dengan pengusaha sudah mengumpulkan *Komodo Fund*. Memang tidak banyak tapi cukup mendanai afiliasi," ujarnya.

Koordinator LSM P2K Emmy Hafild menambahkan, SMS Komodo tengah diaudit.Namun Emmy menolak beerkomentar tentang jumlah SMS Komodo yang masuk ke *new7wonders* hingga tanggal 11 November 2011, dengan alasan kerahasiaan pihak penyelenggara.

Seperti diberitakan, pakar Telematika UIN (Universitas Islam Negeri) Abimanyu 'Abah' Wachjoewidajat mengatakan*new7wonders* harus klarifikasi jumlah sms Komodo yang masuk. Selain itu, Abah juga menambahkan LSM P2K juga harus menjelaskan pembagian keuntungan dengan*new7wonders*.

“Karena ini menyangkut penggunaan dana publik melalui SMS, maka merupakan suatu kewajiban bagi penyelenggara untuk menjelaskan berapa dana yangdibagi ke selular operator, *content provider* maupun yang disetor ke*new7wonders* sesuai pernyataan pihak P2K” imbuh Abah seraya menambahkan sesuai pernyataan pak Jusuf Kalla ada 1 juta sms yang masuk saat masih bertarif Rp 1000/SMS berarti total 1 Miliar rupiah kalau sesuai tujuannya maka sebaiknya disumbangkan bagi pelestarian, perawatan Pulau Komodo.

Meleset.com | sumber: tribunnews.com

Klik tombol berikut untuk membagikan artikel ini!
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Silakan berikan komentar untuk artikel ini!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms
Dapatkan Informasi Meleset Terbaru dengan Klik "SUKA" Pada Facebook Meleset.com
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif

Mau punya alamat email paling MELESET di dunia?
Hanya di sini dan GRATIS! (AKUN TERBATAS)

Dapatkan gratis akun @meleset.com

X