Daftar Isi

Kamis, 24 November 2011

Ternyata Pernah Ada Kota Paris Palsu di Prancis

Meleset.com -

Di masa Perang Dunia I, Prancis pernah membangun Paris palsu yang terletak di utara Ibu Kota Prancis tersebut. Paris palsu yang dibangun di Kota Potemkin bertujuan untuk mengecoh Jerman.

Surat kabar Inggris Daily Telegraph menjelaskan bahwa kota palsu itu tidak hanya dibentuk dari karton yang dipotong-potong melainkan terdiri dari replika bangunan bahkan Gare du Nord, stasiun kereta api yang  meluncurkan kereta api dari Prancis ke London.

Para pelukis juga membuat lukisan yang menampilkan kesan kaca kotor di atas atap pabrik. Kereta api dan jalur kereta api palsu juga dibangun. Bahkan ada juga Champs-Elysees palsu.

Rencana itu diperkirakan akan berhasil. "Radar pada 1918 belum beitu berkembang. Kapal pengebom Gotha yang digunakan Angkatan Udara Jerman masih sangat primitif. Kru pesawat itu akan menjatuhkan bom saat mereka melihat sasaran di darat. Dan kota palsu itu terlihat dari udara sangat mirip Prancis," tulis Daily Telegraph.

Sayangnya, rencana itu tidak pernah terwujud. Perang Dunia I telah berakhir sebelum kota palsu itu berhasil diselesaikan. Meski kota palsu itu kini telah tiada namun bukti foto-fotonya masih bisa ditemukan.

sumber: mediaindonesia.com

Klik tombol berikut untuk membagikan artikel ini!
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Silakan berikan komentar untuk artikel ini!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms
Dapatkan Informasi Meleset Terbaru dengan Klik "SUKA" Pada Facebook Meleset.com
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif

Mau punya alamat email paling MELESET di dunia?
Hanya di sini dan GRATIS! (AKUN TERBATAS)

Dapatkan gratis akun @meleset.com

X