Daftar Isi

Rabu, 23 November 2011

5 Kota Antik di Asia

Meleset.com - Tidak perlu mesin waktu untuk mengunjungi cantiknya kota-kota Asia di masa lalu. Anda bisa berkunjung ke kota lawas, tanpa kehilangan nuansa atiknya.


Di mana sajakah kota ini? Berikut adalah daftar 5 kota antik yang sarat sejarah di Asia, seperti dilansir oleh CNNGo, Selasa (22/11/2011).

1. Malaka, Malaysia

Kota Malaka ini telah mengalami tiga kali masa penjajahan, yaitu dengan Portugis pada tahun 1500an, Belanda tahun 1600an, dan Inggris tahun 1800an. Hal ini menyebabkan kota yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO ini memiliki arsitektur campuran ketiga negara penjajah tersebut, seperti benteng Portugis, Rumah Gubernur Belanda, Kuil Taoist, Gereja Gothic Prancis dan Masjid-masjid yang tersebar di kota ini. Keantikan masa lalu tetap terjaga dengan baik di kota ini.

2. Pusat Sejarah Makau, China


Makau memang terkenal sebagai kota judi Asia, namun kota ini juga memiliki sentuhan sejarah yang tak lekang waktu. Mulai dari pertengahan abad ke-16 hingga tahun 1999, Makau berada dibawah pemerintahan Portugis, karena itulah hingga kini arsitektur campuran Portugis-China masih banyak ditemui di kota ini. Pusat Sejarah Makau adalah area kota yang masuk dalam Situs Warisan Budaya UNESCO pada tahun 2005 yang berisi lebih dari 20 bangunan seperti banyak gereja, taman, dan kuil-kuil.

3. Kota Tua Lijiang, China

Lijiang dahulunya merupakan kota perdagangan yang sibuk. Kota ini merupakan 'kota-air' dengan banyak jembatan yang melintasinya. kini, Kota ini kerap ramai dikunjungi wisatawan, karena pesona lentera di pinggir jembatannya pada malam hari, membawa suasana kembali ke ribuan tahun lalu saat kota ini masih menjadi kota perdagangan yang sibuk.

4. Luang Prabang, Laos

Tidak susah membayangkan napak tilas ke ratusan tahun lalu di kota Antik Luang Prabang ini. Hal ini dikarenakan banyaknya pagoda dan biara-biara di seluruh kota. Dilengkapi dengan tur menyusuri Gua Pak Ou yang memiliki patung-patung Buddha dengan berbagai macam bentuk di dalam gua tersebut. Selain itu, di kota ini kerap diadakan upacara keagamaan oleh para biarawan.

5. Nara, Jepang

Dulunya, pada tahun 700an, Nara merupakan ibukota Jepang. Kota antik ini terkesan sangat tenang dan damai, berebda dengan kota antik Jepang lainnya yaitu Kyoto. Nara memiliki arsitektur kota yang sama seperti kota Chang'an di China, dengan kuil-kuil dan taman. Di kota Nara, rusa-rusa berkeliaran bebas di jalan tanpa rasa takut terhadap manusia.

sumber: okezone.com

Klik tombol berikut untuk membagikan artikel ini!
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Silakan berikan komentar untuk artikel ini!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants for single moms
Dapatkan Informasi Meleset Terbaru dengan Klik "SUKA" Pada Facebook Meleset.com
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif

Mau punya alamat email paling MELESET di dunia?
Hanya di sini dan GRATIS! (AKUN TERBATAS)

Dapatkan gratis akun @meleset.com

X